Sabtu, 07 Januari 2017

Psikologi Manajemen

Apa itu Psikologi Manajemen ?

Mari kita bahas dari pengertian manajemen itu sendiri dahulu.  Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Stoner).Manajemen merupakan ilmu dan seni.

Lalu kaitannya dengan psikologi ??

Dengan ditemukan dan dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM ternyata merupakan yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan manapun.
Pasalnya, ilmu psikologi yg memang berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan.

Pengertian Organisasi

Organisasi dalam arti Statis (diam) merupakan wadah atau tempat kegiatan administrasi dan manajemen berlangsung, dengan gambaran yang jelas tentang saluran hirarki daripada kedudukan, jabatan wewenag, dan garis komando dan tanggung jawab.
Sedangkan organisasi dalam arti Dinamis (bergerak) merupakan proses kerjasama antara orang-orang yang tergabung dalam suatau wadah tertentu umtuk mencapai tujuan bersama seperti yang telah ditetapkan secara bersama pula

Aktivitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Kegiatan atau aktivitas SDM secara umum dapat di kategorikan menjadi 4 yaitu :
- persiapan dan pengadaan.
kegiatan persiapan pengadaan seperti kegiatan analisis jabatan.
- pengembangan dan penilaian
setelah mereka bekerja secara berkala harus dilakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan produktivitas pegawai dan menjaga terjadinya keusangan kemampuan pegawai akibat perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan kerja.
- pengkompensasian dan perlindungan
untuk mempertahankan dan memelihara semangat kerja dan motivasi, para pegawai diberi kompensasi dan beberapa kenikmatan atau keuntungan lainnya dalam bentuk program-program kesejahteraan.
- hubungan-hubungan kepegawaian
hubungan kepegawaian meliputi usaha untuk memotivasi pegawai, memberdayakan pegawai, yang dilakukan melaliu penataan pekerjaan yang baik, meningkatkan disiplin pegawai agar mematuhi aturan, kebijakan-kebijakan yang ada, dan melakukan bimbingan.



daftar pustaka :
Fathoni, Abdurrahmat. (
2006).Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung:Rineka Cipta.
Hariandja, Marohot T E. (2002). Manajemen sumber daya manusia.Jakartia:Grasindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar