Tugas Diskusi Kelompok 8
Pengantar Kreativitas dan Keberbakatan - 7 April 2015
"Membuat suatu tulisan tentang belajar dan mengajar kreatif"
Kami mengemas tulisan mengenai belajar dan mengajar kreatif dengan ilustrasi sekolah dan berikut ini adalah hasil diskusi kami.
Kami mengemas tulisan mengenai belajar dan mengajar kreatif dengan ilustrasi sekolah dan berikut ini adalah hasil diskusi kami.
1. Konsep Sekolah :
Eco School
Konsep sekolah yang kami usung
adalah eco school, atau sekolah ramah lingkungan. Dengan manajemen sekolah yang
peduli lingkungan dan berkelanjutan. Di mana dalam kurikulumnya kami
mengutamakan kepedulian terhadap lingkungan baik untuk siswa maupun staff/guru
dengan cara mengkombinasikan kegiatan belajar mengajar dengan kegiatan yang
dapat meningkatkan kualitas lingkungan sekolah maupun lingkungan di sekitar
sekolah.
Bangunan sekolahpun dibuat dengan
bahan-bahan yang ramah lingkungan dan menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi
utama. Berlokasi di tengah perkotaan namun tidak menghalangi kami untuk tetap
mengusung konsep pembangunan yang berkelanjutan. Bangunan sekolah dikelilingi
oleh rumput dan pepohonan rindang, guna menciptakan lingkungan hijau yang
berbeda dari perkotaan. (Untuk ilustrasi bangunan, kami mengambil contoh dari
bangunan Nanyang Technological University di Singapura.)
Sumber Foto |
2. Metode Belajar Mengajar
Proses KBM di kelas :
Biasanya,
sekolah umumnya
langsung memulai kegiatan belajar mengajar setelah bel masuk. Namun, di
eco
school ini, kami memulai kegiatan dengan olahraga ringan di dalam kelas.
Kelas
yang hanya berisi 10 murid ini berolahraga ringan dipandu oleh guru.
Siswa dan
guru bersama-sama melakukan pemanasan sebelum memulai belajar. Olahraga
ringan ini dikemas dengan menarik dan menyenagkan guna meningkatkan mood
anak murid di kelas.
Sumber foto |
Jumlah siswa dibatasi 10 orang per
kelas untuk memaksimalkan kegiatan belajar. Karena kami tidak menggunakan
motode konservatif sekolah pada umumnya di mana guru di depan menjelaskan
sambil menulis di papan tulis sepanjang jam pelajaran sementara para siswa yang
jumlahnya puluhan sekian duduk pasif mendengarkan.
Kami
ingin mendobrak metode lama tersebut. Kami ingin siswa aktif
mengeluarkan pendapatnya. Guru hanya sewaktu-waktu menjelakan di depan
kelas selebihnya aktivitas kelas diisi dengan diskusi dengan guru
sebagai fasilitator. Diskusi ini dapat mengasah kemampuan berpikir siswa
menjadi lebih kreatif dan krisis juga meningkatkan kepekaan dan
kepedulian terhadap permasalahan disekitarnya. Siswa tidak hanya
dituntut untuk menguasai teori dari textbook tetapi juga dituntut
bagaimana mengimplementasikannya pada masalah di lingkungan sekitarnya.
Untuk prasarana, ruang kelas dilengkapi dengan proyektor dan smart board
guna meningkatkan efisiensi belajar mengajar. Murid duduk melingkari
meja, guru berada di antara mereka. Guru dan murid belajar bersama-sama.
Saling bertukar pikiran dan sebagainya. Kegiatan lainnya adalah
menonton film dokumenter atau film edukasi yang berhubungan dengan mata
pelajaran.
Sumber Foto
Kegiatan belajar di kelas
diselingi dengan istirahat tidur siang, makan, dan ibadah. Ya, eco school kami
memberlakukan jam tidur siang. Cukup 20 menit saja. Lampu kelas diredupkan, dan melalui speaker
diperdengarkan lagu klasik yang dapat menenangkan gelombang otak dan membantu
siswa agar lebih relaks.
Selain belajar di dalam kelas,
adapula kegiatan belajar di luar kelas. Diantaranya kegiatan berkebun seperti
menanam pohon dan merawat tanaman. Kembali pada konsep eco friendly, maka
kegiatan luar sekolahpun pastinya berhubungan dengan menjaga lingkungan. Selain
tanaman, di eco school ini juga terdapat hewan seperti kelinci, burung, ayam,
dan ikan. Aktivitas lainnya tentu saja merawat hewan-hewan tersebut.
Selain itu
adapula kegiatan rutin yang menyenangkan dan mengasah kreativitas yaitu kegiatan recycle, reuse, dan reduce barang-barang
tidak terpakai menjadi barang yang berguna lagi. Aktivitas ini bertujuan
membentuk karakter para siswa untuk peduli dan ikut serta dalam menjaga dan
merawat lingkungan termasuk hewan dan tumbuhan.
Nama anggota kelompok :
1. Shifa Amalia /1PA20/1A514229 2. Shifa Amalisa /1PA20/1A514230 3. Nadya Ramdhania /1PA20/17514771 4. Umairoh /1PA20/1C514849 5. Sam Indah C /1PA20/19514965 6. Dian Septiningrum /1PA21/13514002 7. Chintya Deborah /1PA21/12514354 8. Fitria Lita G /1PA21/14514339 9. Nur Khotimah /1PA21/18514174 10. Salsabilla Aieda R /1PA21/9524962 11. Lu'Lu' Ul M /1PA21/16514164 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar